Bagian-bagian Situs E-commerce

  1. Situs.
    Bagian ini terdiri dari beberapa bagian lagi yang perlu dibuat yaitu ;
    domain name, hosting, content/ artikel, desain web, pemrograman web (engine web).
  2. Produk.
    Termasuk dalam produk paling utama adalah produk knowledge, yang mencakup daftar , spesifikasi , dan manfaat produk.
  3. Keuangan.
    Bicara bisnis tentunya urusan keuangan perlu juga diperhitungkan dengan matang. Perencanaan, pelaksanaan, dan kontrol atas biaya-biaya yang muncul serta penerimaan yang kita peroleh dari penjualan di situs tentu perlu dibuatkan laporannya.
  4. Marketing.
    Bagian marketing untuk bisnis online tentu perlu melakukan kegiatan pemasaran secara lebih khusus karena beda dengan bisnis konvensional. Promosi menggunakan
    SEO dan backlinks merupakan langkah yang sudah seharusnya dilakukan untuk membuat situs kita “familiar” untuk search engine.
Back link
—  Suatu LINK, baik berupa URL atau Anchor Text, yang kalau diklik akan membawa pengunjung ke suatu website.
—  Misalnya jika Anda berkomentar di blog saya dan memasukkan URL Anda, maka di blog Internet Marketing Indonesia saya ini akan ada LINK yang menuju ke blog Anda, backlink milik Anda
Google Mastering ; Pengetahuan Dasar Untuk Menjalankan Bisnis Online
—  Beberapa layanan google yang sebaiknya kita bisa kuasai adalah :
—  Search engine. Barangkali layanan ini bagi sebagian kita sudah tidak asing lagi. Search engine adalah tempat kita mencari informasi berdasarkan data yang terindex oleh google.
—  Keyword Tool. Layanan ini dapat kita gunakan untuk melakukan riset kata kunci dan turunannya. Dari tool ini kita akan mendapatkan informasi pencarian suatu kata kunci dan turunannya.
—  Trends. Jika kita ingin mengetahui trend indeks pencarian suatu frase kata pada kurun waktu dan tempat tertentu kita dapat menggunakan layanan ini.
—   Adwords. Melalui layanan ini, kita dapat melakukan PPC advertising yaitu melakukan promosi melalui jaringan yang dimiliki oleh google.
—  Adsense. Adsense merupakan layanan untuk mengiklanlan produk dan jasa pada sebuah situs. Manakala ada yang meng-klik iklan tersebut melalui situs yang memasang adsense, maka penyedia iklan adsense di sebuah situs akan mendapatkan bayaran. Pemasangan adsense yang tepat dipasang pada sebuah situs dapat menghasilkan $.
—  Webmaster tool. Perangkat ini dapat digunakan oleh seorang administrator situs untuk melakukan pengaturan dan optimasi terhadap situs-situs yang dikelolanya.
—   Analytics. Dengan fasilitas ini, kita dapat melakukan kustomisasi, dan optimasi terhadap sebuah situs. Kita dapat mengetahui darimana pengunjung mendatangi situs kita dan apa saja yang dibuka pengunjung pada situs kita.
—   Translate. Layanan ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menterjemahkan kata, kalimat, paragraf, file, bahkan webpage dari satu bahasa ke bahasa lain. Ada puluhan bahasa yang sudah terdapat di dalam database google translate ini.

No comments:

Post a Comment