Rancangan Situs e-Commerce

Studi Kasus: Situs Web OBO
·         Perusahaan penjual perlengkapan olahraga – mengandalkan inovasi dan teknologi produksi mutakhir
·         Penjualan melalui toko-toko olah raga
·         Lokasi: Selandia Baru, jauh dari target pasar, AS dan Kanada
·         Tujuan strategis: menjadi pemimpin pasar dengan senantiasa memonitor kebutuhan konsumen
·         Strategi: Memasarkan produk eksperimentalnya ke pasar global melalui situs Webnya: obo.co.nz
·         Solusi: obo.co.nz dirancang untuk:
       Membangun komunitas
       Menjual produk
       Pendukung R & D
·         Komunitas dibangun melalui:
       Forum-forum diskusi online
       Klub fans atlit-atlit yang disponsori
       Poster-poster online
·         Pemasaran didukung melalui:
       Menumbuhkan rasa yakin/percaya pada calon konsumen akan manfaat produk OBO melalui artikel-artikel
       Menyarankan konsumen untuk membeli produk dari toko atau agen penjual
·         R & D didukung melalui:
       Survei online
       Opini atlet tentang produk OBO
       Kelompok uji coba (focus group)
·         OBO berhasil dalam membangun komunitas online
·         Penjualan online hanya untuk produk-produk khusus yang tidak dijual secara off line – tidak menyaingi agen penyalur
·         Forum diskusi menciptakan komunitas sekaligus sumber umpan-balik tentang produk OBO
·         Pelajaran dari obo.co.nz
       Perusahaan kecil dengan produk bermutu dapat meningkatkan jangkauan pasarnya secara global melalui situs Web
       Situs Web dirancang untuk mendukung tujuan strategis maupun untuk meningkatkan kepuasan konsumen pembelinya
·         Situs Web OBO sangat sederhana tetapi terancang dengan baik. Berisi antara lain:
       Hiburan yang mendorong konsumen berinteraksi dan selalu mencek situs
       Materi promosi untuk meningkatkan penjualan
       Menciptakan kesetiaan konsumen (penggemar) secara efektif
Membangun Situs Web
·         Klasifikasi situs Web:
       Informasional: Situs Web yang hanya menyediakan informasi tentang perusahaan serta produk dan jasanya
       Interaktif: Situs Web yang memfasilitasi komunikasi dan saling berbagi informasi antara konsumen dan perusahaan
   Attractors: Fitur-fitur situs Web yang menarik dan mengundang interaksi pengunjung yang menjadi konsumen sasaran
       Transaksional: Situs Web yang menjual/ mempertukarkan produk dan layanannya secara online
·         Tahapan pembangunan situs web:
       Tentukan host Web
       Membuat & mendaftarkan nama domain
       Buat dan kelola isi (content)
       Rancang situs Web
       Bangun dan test situs web
       Pasarkan dan promosikan situs Web
Hosting Situs Web
·         Alternatif hosting Web:
       Layanan Storebuilder:
       Layanan hosting yang menyediakan ruang disk dan layanan untuk membantu usaha kecil membangun situs Web dengan cepat dan murah.
       Layanan ISP Hosting:
       Layanan hosting yang menyediakan situs Web independen untuk UKM
       Layanan Web Hosting:
       Perusahaan khusus penyedia layanan hosting situs Web yang menyediakan berbagai layanan dan fungsi-fungsi hosting untuk perusahaan
       Mirror site:
       Duplikat identik dari suatu situs Web tetapi secara fisik berada pada server Web di negara/benua lain
       Co-location:
       Server Web yang dimiliki dan dikelola perusahaan ditempatkan di lokasi perusahaan lain yang mengelola koneksinya dengan Internet
       Self-hosting:
       Perusahaan memiliki sendiri perangkat keras, lunak, tenaga staf, dan layanan telekomunikasi yang diperlukan untuk mendirikan dan mengelola situs Webnya sendiri
·         Memilih Layanan Web Hosting
·         Pertimbangkan:
       Ukuran mutu layanan (SLA)
       Prosentase ketersediaan (uptime)
       Jumlah klien saat ini
       Volume lalu-lintas data saat ini
       Dukungan software (tools)
       Keamanan
       Fasilitas layanan analisa lalu lintas data
       Layanan dukungan teknis
       Biaya-biaya
  • SLA /Service Level Agreement
  • yang merupakan kesepakatan antara penyedia jasa dan pengguna jasa mengenai tingkat (mutu) layanan
Nama Domain
·         Pendaftaran nama domain
       Nama Domain:
       Alamat server di Internet
       Domain Name Registrar:
       Perusahaan yang membantu para pemilik situs Web dalam mencari dan mendaftarkan nama domain pilihan masing-masing
·         Memilih nama domain yang baik:
       Mudah diingat
       Mudah dieja
       Hindari nomor dan karakter khusus
       Sependek tetapi sepantas mungkin
       Fleksibel
       Pertimbangkan kebutuhan masa depan
       Gunakan nama lain untuk produk-produk
       Hindari merk dagang perusahaan lain
       Cek nama yang telah dipakai perusahaan-perusahaan pesaing
Pengelolaan Content
·         Content: teks, gambar, suara, dan video pada dokumen Web (page)
·         Commodity content: Informasi yang sudah banyak tersedia dan umumnya dapat diakses secara gratis dari situs Web
·         Premium content: Content yang tidak tersedia di situs lain
·         Promotional content:
       Cross selling: Menawarkan produk atau jasa serupa untuk meningkatkan penjualan
       Up selling: Menawarkan versi/kelas yang lebih baik dari produk yang sedang dipesan untuk meningkatkan penjualan dan profit
       Pembuatan Content
   Mengumpulkan bahan-bahan yang telah tersedia (scanning, dsb.)
   Mengevaluasi nilai/kelayakan materi-materi baru yang akan ditambahkan
   Rencanakan bagaimana setiap bagian dari content dapat mendukung tujuan bisnis situs Web dan apakan konsumen pengunjung membutuhkannya
   Menggunakan materi yang disumbangkan oleh konsumen pengunjung, misalnya melalui review, komentar, dsb.
       Membeli Content
   Content dapat dibeli atau melalui lisensi dari pihak ketiga
   Materi yang diperoleh dari sumber-sumber luar harus merupakan content suplemen, bukan content utama situs
Jika content utama dibeli dari pihak lain tanpa diubah atau diberi nilai tambah, pengunjung akan pergi ke situs sumbernya langsung … dan tak kembal
       Personalisasi Content
                Penyesuaian content Web dengan kebutuhan dan ekspektasi individual pengunjung
       Distribusi Content melalui e-Newsletter
E-newsletter: Sekumpulan artikel-artikel singkat informatif yang dikirimkan secara periodik melalui e-mail kepada pengunjung yang tertarik pada topik-topik dalam newsletter
       Penulisan Content yang Efektif
   Teks harus dapat dibaca secara sepintas (scanning)
   Penggal bagian yang panjang menjadi segmen-segmen kecil masing-masing dengan sub-judul (heading)
   Usahakan untuk menarik perhatian pembaca pada bagian awal tulisan atau awal segmen
   Tulis teks dengan nada dan bahasa yang sesuai dengan tujuan penyampaian informasi
   Konsistensi content situs dapat diciptakan dengan menerapkan suatu panduan format penulisan
   Sediakan versi .pdf dari material jika perlu (untuk memudahkan download dan printing)
   Buat link yang menarik bagi pembaca untuk meng-klik
   Link-link ke situs lain dapat memberikan tambahan content yang berguna bagi pengunjung
   Buang materi yang tidak dianggap bermanfaat oleh pengunjung
·         Manajemen Content
Proses penambahan, revisi, dan pembuangan content dari situs Web untuk menjaga aktualitas, akurasi, kredibilitas, dan daya tarik situs
·         Content Management Software (CMS)
Memudahkan staf non-teknis untuk membuat, mengedit, dan menghapus content di situs Web perusahaan
       Panduan membeli CMS
1.       Lakukan analisa kebutuhan dengan seksama
2.       Dokumentasikan kebutuhan dan diskusikan dengan setidak-tidaknya dengan dua perusahaan yang telah menggunakan CMS tersebut
3.       Uji coba dengan CMS yang memiliki versi demo/trial atau versi pemula
4.       Evaluasi hasilnya setelah 30 hari pemakaian (secara periodik)
Perancangan Situs Web
·         Tujuan perancangan situs Web adalah untuk menyampaikan content bermutu bagi pengunjung yang dituju secara elegan
·         Kriteria rancangan situs Web:
       Navigasi
       Konsistensi
       Waktu download
       Penampilan
       Interaktifitas
       Keamanan (security)
       Skalabilitas (kapasitas beban)
       Kontrol Mutu
Struktur Situs Web
       Arsitektur Informasi Situs
Bagaimana situs dan halaman-halaman Webnya diorganisasikan, dinamai, dan saling dihubungkan untuk browsing dan pencarian informasi oleh pengunjung
       Macam Struktur Situs:
   Hierarkis (hierarchical)
   Melingkar (circular)
   Linear
Struktur Sederhana Situs Web Hirarkis



Struktur Sederhana Situs Web Linear



       Rancangan homepage (halaman muka) sangat penting
       Semua halaman di situs harus memiliki link ke homepage
       Deep linking: 
                Akses masuk ke situs Web melalui halaman yang bukan homepage, biasanya melalui search engines (Google, dsb.) atau link eksternal (iklan, dsb.)
       Organisasi dan penamaan file untuk memudahkan browsing dan pencarian:
   Tunduk pada “aturan tiga-klik”
   Tempatkan content paling penting di awal halaman
   Batasi panjang halaman
   Sederhanakan tata-letak halaman
   Usahakan agar content utama mudah dicari
   Tampilkan produk dari berbagai perspektif/kategori
   Ikuti prinsip-prinsip umum penulisan yang baik
Bingkai Tata Letak Halaman Web



       Fasilitas Navigasi Situs
Fitur-fitur yang memudahkan pengunjung mencari informasi yang dibutuhkannya dengan cepat dan mudah
       Fasilitas navigasi paling sederhana adalah navigation bar diujung atas dan bawah tiap halaman



       Saran-saran lain untuk merancang navigasi situs yang berhasil:
       Batasi jumlah item dalam list dan menu
       Jangan menggantungkan sepenuhnya pada image grafis untuk navigasi
       Homepage harus mudah ditemukan
       Integrasikan fasilitas navigasi dengan content
       Hindari frame jika mungkin
       Ikuti prinsip-prinsip umum kemudahan akses
Konsistensi Tampilan
       Konsistensi
       Konsistensi “Look and feel”:
Elemen tampilan yang secara visual membedakan situs dari situs-situs lain, termasuk tata-letak, font, warna, grafik, dan fasilitas navigasi
       Konsistensi komponen halaman lain:
   Logo perusahaan
   Alamat kontak (e-mail, no. telpon, dsb.)
   Judul halaman: deskripsi ringkas
       Konsistensi tampilan antar browser
Kecepatan Respons
       Kecepatan hampir selalu berada di urutan teratas pada daftar-daftar kriteria terpenting rancangan situs
       Waktu download yang lama umumnya disebabkan karena gambar (grafik, animasi, dsb.) yang besar, atau gambar kecil-kecil tetapi banyak, pada satu halaman Web
       Aturan 12-detik: Semua komponen halaman Web harus tampil dalam 12 detik atau kurang
       Aturan 4-detik: Sesuatu (apapun) harus tampil di layar browser dalam waktu 4 detik atau kurang
Tampilan Halaman Web
       Aturan warna dan grafik:
       Disesuaikan dengan ekspektasi pengunjung yang menjadi sasaran
       Menggunakan warna-warna standar (di-support banyak browser)
       Ikuti standar-standar pemilihan warna
       Gunakan warna-warna yang saling berkomplemen
       Tentukan warna latar belakang
       Gunakan fitur-fitur yang “haus bandwidth” secara selektif (hanya jika penting)
       Menggunakan tag <ALT> untuk grafik
       Hindari fitur yang dapat mengganggu konsentrasi/ kenyamanan membaca
Pengawasan Mutu
       Quality Assurance (QA)
       Pastikan bahwa situs Web telah diuji dengan benar sebelum dibuka untuk umum
       Pemilik situs harus sering mentest sendiri semua fitur-fitur situs, terutama links dan scripts
       Pastikan bahwa kecepatan respons tetap stabil sesuai harapan selama operasional
       Kecepatan respons dimonitor secara teratur
       Quality Assurance (QA)
       Rancangan harus memperhatikan faktor kemudahan pemeliharaan
Membangun Situs Web
       Siapa yang melakukan?
   Staf Internal, kontraktor luar, atau kombinasi keduanya
       Perusahaan membangun sendiri situs Webnya, karena:
   Memanfaatkan keahlian sendiri
   Ingin mengembangkan keahlian itu sendiri
   Melindungi kerahasiaan teknologi perusahaan
   Meningkatkan pengawasan dan daya tanggap terhadap kebutuhan
       Pengembangan/pemeliharaan situs Web oleh perusahaan lain (kontraktor), alasan
       Kecepatan implementasi (time to market)
       Bukan kompetensi inti perusahaan
       Membutuhkan keahlian khusus
       Pengembangan/pemeliharaan situs web bersama staf internal dan pihak luar
       Kelemahannya adalah tambahan biaya (overhead) untuk manajemen kontrak dan koordinasi

No comments:

Post a Comment